Selamat Datang !
Terimakasih, saat ini Anda berada di Layanan Informasi Perusahaan Perjalanan RizQina Tour And Travel Kudus. Sebagai salah satu perusahaan perjalanan, RizQina Tour And Travel telah berhasil menempatkan diri sebagai salah satu perusahaan penyelenggara perjalanan wisata terbaik dengan moto "Kepuasan anda adalah prioritas kami".

Minggu, 05 Oktober 2014

Melihat burung Kokoan

Posted by rizqinatour On 23.02 No comments

Desa Petulu adalah sebuah Desa yang menjadi rumah atau tempat berkumpulnya ratusan burung Kokoan atau bangau putih, terletak di Desa Petulu, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.  Desa Petulu disebut juga Desa Kokoan karena Desa ini memiliki pesona alam yang luar biasa dengan ratusan burung Kokoan atau Bangau Putih yang berterbangan diangkasa dan hidup nyaman diatas pohon-pohon pelindung yang ada disepanjang jalan Desa ini. Burung-burung Kokoan ini datang ke Desa Bulan November sampai dengan Maret untuk membuat sarang, bertelur dan menetaskan telurnya, pada Bulan April anak burung sudah mulai terbang dan mencari makan hingga populasinya berkurang disiang hari dan kembali ke Desa Petulu pada pukul 6 sore waktu setempat. Tampak keselarasan dalam kehidupan di Desa petulu ini antara manusia dan alam.

Menurut cerita, burung-burung ini sangat dikeramatkan karena konon pada tahun 1965 dimana pada waktu itu jumlah burung Kokoan hanya beberapa ekor saja, burung ini banyak diburu oleh manusia. Mereka datang ke Desa Petulu untuk menangkap dan memakan burung ini, namun anehnya mereka kembali datang ke Desa Petulu untuk memberitahukan pada masyarakat desa bahwa mereka didatangi oleh mahluk hitam besar baik itu dimimpi dan dikenyataan, berdasarkan hal tersebut maka dibuatlah upacara permintaan maaf dipura setempat, pada saat upacara dilaksanakan pendeta disana mengalami kerasukan dan mengatakan bahwa burung-burung Kokoan atau Bangau tersebut adalah pengawal Ida Betara (Dewa). Sejak saat itu burung-burung Kokoan tidak lagi diburu dan hidup aman serta damai berdampingan dengan warga sekitar. Banyaknya burung Kokoan yang datang menjadi pertanda bagi warga akan kemakmuran desa, sebab kotoran burung ini dapat dijadikan pupuk yang menyuburkan kembali sawah masyarakat Desa Petulu.

Keindahan alam dan pesona burung Kokoan ini dapat anda nikmati sejak awal masuk ke Desa Petulu gunung ini yang saat ini sudah ada tempat santai berupa warung makanan dan minuman diarea persawahan dimana dari tempat ini kita bisa melihat ratusan burung Kokoan atau Bangau Putih berterbangan  dan hinggap diatas pohon-pohon pelindung yang ada disepanjang jalan Desa.Desa Petulu berada sekitar 30 km dari Kota Denpasar dan dapat ditempuh kira-kira dalam waktu 45 menit perjalanan. Tuhan Yang Maha Esa membuat alam beserta isinya lengkap dengan segala keunikan, kelebihan dan pesonanya agar tercipta keselarasan dan kemakmuran. Dengan keseimbangan dalam kehidupan manusia maka akan sempurnalah kehidupan kita didunia.

0 komentar:

Posting Komentar