Selamat Datang !
Terimakasih, saat ini Anda berada di Layanan Informasi Perusahaan Perjalanan RizQina Tour And Travel Kudus. Sebagai salah satu perusahaan perjalanan, RizQina Tour And Travel telah berhasil menempatkan diri sebagai salah satu perusahaan penyelenggara perjalanan wisata terbaik dengan moto "Kepuasan anda adalah prioritas kami".

Sabtu, 18 Oktober 2014

Menara Kudus

Posted by rizqinatour On 20.17 No comments

Obyek Wisata Menara Kudus terletak sekitar 1,5 km ke arah barat dari pusat kota Kudus (Alon-alon Simpang Tujuh), tepatnya di Kelurahan Kauman Kecamatan Kota Kudus. Menara Kudus merupakan bangunan monumental yang bernilai arkeologis dan historis tinggi. Berdasarkan penelitian ilmiah Menara Kudus merupakan bangunan kuno hasil akulturasi budaya Jawa Hindu dan Islam. Menara Kudus bukanlah bangunan bekas Candi Hindu melainkan menara yang dibangun pada zaman kewalian / masa transisi dari akhir Kerajaan Majapahit beralih ke zaman Kerajaan Islam Demak.

Bentuk konstruksi dan gaya arsitektur Menara Kudus mirip dengan candi-candi Jawa Timur di era Majapahit sampai Singosari misalnya Candi Jago yang menyerupai menara Kulkul di Bali. Menara Kudus menjadi simbol "Islam Toleran" yang berarti Sunan Kudus menyebarluaskan agama Islam di Kudus dengan tetap menghormati pemeluk agama Hindu-Jawa yang dianut masyarakat setempat.

Menara Kudus dibangun oleh Syeh Ja'far Shodiq pada tahun1685 M. Ini dapat dilihat dari tiang atap Menara terdapat sebuah candrasengkala yang berbunyi "Gapura rusak ewahing jagad". Menurut Prof. DR RM Soetjipto Wirjosoepano, candrasengkala ini menunjukkan Gapuro ( 6 ), Rusak ( 0 ), Ewah ( 6 ) dan Jagad ( 1 ) yang di dalam bahasa jawa dibaca dari belakang sehingga menjadi 1609 yang bermakna Menara dibangun pada tahun Jawa 1609 atau 1685 M.

0 komentar:

Posting Komentar